Mencoba Me-Review Xiaomi Mi 9T

Kita akan review Xiaomi Mi 9T. HP dari Xiaomi ini memiliki nama lain Redmi K20 untuk yang rilis di Cina dan untuk yang versi globalnya bernama Xiaomi Mi 9T. Handphone Xiaomi Mi 9T dirilis pada bulan juni 2019. HP ini menawarkan fitur yang cukup menarik dengan harga yang cukup bersaing. Xiaomi Mi 9T hadir dengan 3 pilihan warna, Carbon Black untuk warna hitam, Red Flame dengan aksen warna merah dan Glacier Blue dengan aksen warna biru. Untuk yang kita review kali ini adalah Xiaomi Mi 9T dengan warna carbon black. Ok sekarang langsung aja kita cek review dari handphone Xiaomi Mi 9T.

Gambar Dari GsmArena
Gambar Dari GsmArena

Pertama kita akan bahas layar dari handphone ini. Layar dari handphone ini sudah menggunakan tipe AMOLED display dengan design bezelles tanpa notch apapun di depan layarnya. Kamera depan di handphone ini ditempatkan di bagian atas layar dengan model pop-up. Layar di HP ini hadir dengan proteksi kaca gorilla glass 5. Ukuran layarnya 6.39 inch dengan screen-to-body rationya mencapai hingga 86.1% dan bezelnya sudah nampak cukup tipis di bagian atas dan samping layarnya.

Bezel bagian bawah juga sudah cukup tipis dan jaraknya hampir sama dengan ukuran bezel bawah dari Samsung Galaxy S10+. Layaknya khas HP 2019 dengan model bezelles display HP ini juga hadir dengan resolusi FHD+ 1080 x 2340 pixels dengan rasio 19.5:9 dan kerapatan pixel 403 ppi. Xiaomi Mi 9T memiliki build quality yang nampak cukup solid. HP ini beratnya mencapai 191 gram. Saat di genggaman kalau kalian terbiasa menggunakan HP yang compact dengan berat dibawah 180gr kebawah tentunya kalian akan merasa kalau HP ini lumayan berat. Walaupun sebenarnya beratnya masih dibawah Note 9 yang mencapai 201 gram.

Di bagian belakang Xiaomi Mi 9T dengan warna hitam ini nampak cukup menarik dengan aksen karbon di dalam bagian kacanya. Di bagian triple kameranya di kamera utama ada aksen merah dan juga tulisan 48MP AI Triple Camera. Di bagian tombol powernya juga terdapat aksen warna merah yang cukup menarik perhatian dan membuat hanpdhone ini nampak cukup unik. Bagian belakang handphone sudah hadir dengan desain melengkung dan juga cukup nyaman di genggaman.

Form factor kaca bagian belakang juga membuat nampak HP ini cukup elegan. Kalau kalian merasa kaca bagian belakangnya licin di genggaman kalian juga bisa menambahkan aksesoris casing belakang yang sudah tersedia di paket penjualannya. Handphone ini hadir dengan baterai besar dengan kapasitas 4000mAH. HP ini memiliki lebar 15.67cm tinggi 7.43cm dan tebal 0.88cm. HP ini memiliki desain yang lumayan tebal dan lumayan berat di genggaman kalau kalian sering berlama-lama memegang handphone ini. Posisi sensor optical fingerprint di handphone ini sudah hadir di dalam layar, sehingga walau handphonenya lumayan besar dan sensor fingerprint bisa dengan mudah dijangkau dengan satu tangan.

Posisi speaker dari HP ini terletak di bagian bawah beserta dengan USB type C dan sim card tray nya. Tidak terdapat tombol apapun di sebelah kiri handphone ini. Di bagian atas terdapat jack 3.5mm dan pop up kamera 20MP. Di bagian kanan ada tombol volume dan tombol power berwarna merah.

Sekarang kita akan bahas tentang performanya. HP ini hadir dengan chipset Qualcomm Snapdragon 730 (8nm) dan GPU Adreno 618, serta processor octa-core 2.2 GHz Kryo 470. Untuk menguji performa dari handphone ini kita akan lihat hasil tes benchmark dan antutu untuk Xiaomi Mi 9T ini. Dengan processsor Snapdragon 730 handphone ini sudah sangat lancar untuk akses multimedia dan untuk bermain game berat seperti PUBG.

Settingan di game PUBG bisa di set maksimal ke HD – High atau bisa juga di settingan Smooth – Ultra yang terasa lebih nyaman. HP ini hadir dengan koneksi 4G LTE dan Bluetooth 5.0 dan HP ini sudah menggunakan OS terbaru Android Pie 9.0 dengan User Interface MIUI 10. Yang seri ini hadir dengan RAM 6GB dan Internal 128GB. Juga tersedia varian internal 64GB dengan RAM 6GB dengan harga yang lebih murah.