Review Samsung Galaxy M30 Indonesia

Review Samsung Galaxy M30 Indonesia

Kita akan review Samsung Galaxy M30. HP Samsung Seri M ini dirilis oleh Samsung pada bulan Maret

dan baru masuk resmi di Indonesia pada bulan Juli 2019. Samsung Galaxy M30 hadir dengan dua pilihan warna ada warna Biru dan Hitam. Untuk yang kita review kali ini adalah Samsung M30 dengan warna biru.

Pertama mari kita lihat display dari HP ini, layar dari handphone ini sudah menggunakan tipe Super AMOLED display dengan notch kecil untuk kamera depan yang dinamakan infinity-U. Ukuran layarnya 6.4 inch dengan screen-to-body ratio nya 84.2% . Bezelnya sudah cukup tipis di bagian atas dan sampingnya dan menyisakan bezel yang sedikit lebih lebar di bagian bawahnya. HP ini bisa hadir dengan resolusi Full HD 1080 x 2340 pixels dengan rasio 19.5:9 dan kerapatan pixel 403 ppi.

Untuk build quality nya HP ini terbuat dari bahan bahan plastik polycarbonate di bagian belakangnya. Sayangnya HP ini masih belum hadir dengan lapisan kaca gorilla glass baik di bagian depan maupun bagian belakangnya sehingga masih sangat rawan goresan dan sangat disarankan untuk membeli case pelindung tambahan.

Berat HP ini tergolong ringan dengan kapasitas baterai 5000 mAh HP ini beratnya 174 gram yang sedikit lebih ringan dari Samsung M20 yang beratnya mencapai 186 gram. HP ini tingginya 15.9cm lebar 7.51cm dan tebal 0.85cm. Ukurannya termasuk ke desain HP compact dengan fingerprint di bagian belakang yang bisa dijangkau dengan mudah. Posisi speaker dari HP ini terletak di bagian bawah beserta dengan USB type C dan jack 3.5mm. Di bagian kanan terdapat tombol volume dan tombol power. Untuk SIM card tray nya terletak di bagian sebelah kiri handphone.

Sekarang kita akan bahas tentang performa dari handphone ini HP ini hadir dengan Chipset Exynos 7904 Octa (14 nm) dan GPU Mali-G71 MP2 serta processor octa-core 1.8 GHz. Untuk menguji performa dari handphone ini kita akan coba tes benchmark dan antutu untuk melihat skornya.

Benchmark Samsung M30

Inilah dia hasil tes antutu benchmark test dan geek benchmark test untuk samsung galaxy M30. Walaupun tidak bisa berharap banyak dengan processor ini. Akan tetapi, untuk bermain game-game dengan setting standard sudah bisa dieksekusi dengan lumayan lancar.

Itulah dia hasil test gameplay di Samsung Galaxy M30 sekarang kita lanjut ke urusan konektivitasnya. Konektivitas di HP ini hadir dengan 4G LtE dan Bluetooth 5.0. HP ini sudah menggunakan Android Pie 9.0 dengan User Interface One UI 1.1. Yang seri ini hadir dengan RAM 4GB dan Internal 64GB . HP ini juga hadir dengan slot micro SD dedicated serta dua slot nano sim card.

Untuk slot microSD di HP ini bisa dipasang dengan kapasitas maksimal hingga 1TB. Di sektor kamera, Samsung Galaxy M30 hadir dengan tiga kamera utama 13MP dengan aperture f1.9 dan kamera yang keduanya 12mm ultrawide f/2.2 dengan resolusi 5MP. Kamera ketiganya juga 5MP f/2.2 untuk mengukur depth sensor untuk foto live focus. Kamera utama dengan bukaan f1.9 ini tentunya bisa menghasilkan foto yang sudah cukup baik untuk urusan foto objek dengan efek background blur.

Video pada HP ini support merekam pada resolusi maksimal 1080p/30fps baik untuk kamera belakang maupun kamera depannya. Untuk kamera depan, HP ini hadir dengan kamera depan beresolusi 16 MP f/2.0.

Selain dari fitur-fitur utama yang sudah kita bahas. Beberapa fitur yang menjadi selling point dan kelebihan dari HP ini adalah bezelles display dengan infinity-U Super AMOLED display. Terdapat fitur Dolby Atmos yang bisa digunakan ketika kalian menggunakan earphone. Dan terdapat juga fingerprint dan face unlock serta triple kamera belakang dan USB type-C.

Sedangkan untuk kekurangannya dibandingkan HP lainnya adalah belum adanya NFC dan pelindung Kaca Gorilla Glass di bagian depan dan bagian belakangnya.

Sekian dulu untuk review Samsung Galaxy M30 silahkan komentar pendapat kalian tentang handphone ini di kolom komentar bawah.